Jenis Makanan yang Cocok Untuk MPASIPertama, Apa Saja?

Jenis Makanan yang Cocok Untuk MPASIPertama, Apa Saja?

Ketika sudah memasuki usia 6 bulan, anak pada umumnya sudah siap untuk mendapatkan MPASI pertama mereka. Sebagaimana diketahui bahwa MPASI merupakan makanan pendamping yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, terutama untuk menunjang pertumbuhan mereka.

Hanya saja, meskipun sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, namun bukan berarti bayi bisa mengonsumsi makanan secara bebas. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua harus mengetahui apa saja jenis makanan yang paling cocok untuk diberikan sebagai MPASI awal.

Nah, apa saja makanan yang bisa dijadikan opsi yang tepat tersebut? Simak ulasannya!

Waktu Pemberian MPASI yang Tepat

Sebelum membahas makanan yang disarankan untuk MPASI yang pertama, ada beberapa hal terkait waktu pemberian MPASI pertama yang perlu diperhatikan. Adapun ciri anak yang sudah siap untuk mendapatkan MPASI pertama mereka adalah sebagai berikut:

  • Anak sudah mampu duduk sendiri tanpa harus dipegang orang tua
  • Anak sering membuka mulut ketika disodorkan makanan kepadanya
  • Anak cenderung memperlihatkan gerak-gerik ketertarikan ketika melihat orang tua atau orang dewasa yang tengah menyantap makanan
  • Anak kerap mengambil sesuatu dan kemudian memasukkannya ke alam mulut

Beberapa hal di atas adalah ciri umum terkait kesiapan anak untuk mendapatkan MPASI pertama mereka. Bisa dikatakan bahwa usia 6 bulan adalah patokan pemberian MPASI secara umum. Hanya saja, bisa jadi waktu pemberian tersebut lebih cepat daripada 6 bulan tergantung dari kondisi dan perkembangan bayi.

Jenis Makanan yang Disarankan Untuk MPASI Pertama

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Anda perlu selektif dalam memberikan makanan untuk MPASI pertama bayi. Ada beberapa jenis makanan terbaik yang disarankan untuk diberikan. Beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sayuran yang disajikan dengan cara ditumbuk halus seperti labu, kentang, wortel, brokoli dan lainnya
  • Buah yang ditumbuk seperti pisang, pear, apel, pepaya, alpukat dan lainnya
  • Cereal khusus bayi yang bebas dari kandungan gluten dan diperkaya dengan zat besi. Anda bisa mencampurkan cereal tersebut dengan ASI
  • Bubur susu atau produk biskuit khusus bayi yang dihaluskan

Beberapa jenis makanan di atas bisa dijadikan opsi dan alternatif saat memberikan MPASI. Namun, di samping memahami beberapa jenis makanan tersebut, Anda juga perlu mengetahui tips ketika hendak membuat MPASI.

Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan tekstur makanan. Pastikan tekstur makanan tersebut halus agar mudah ditelan dan dicerna oleh si kecil yang baru pertama kali mengonsumsi makanan selain ASI.

Selain itu, ada baiknya jika Anda menggunakan hanya satu bahan terlebih dahulu, misalnya brokoli. Hal ini penting agar nantinya si kecil bisa belajar mengenal rasa dengan lebih baik. Sebagai tambahan, untuk membuat MPASI pertama, hindari penggunaan garam ataupun gula. Dengan demikian, apa yang dirasakan oleh bayi adalah rasa asli dari bahan makanan.

admin