Memahami Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Memahami Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Apakah anak Anda pernah mengeluh sakit gigi? Atau bahkan memiliki gigi berlubang atau karies gigi? Karies gigi, juga dikenal sebagai dental caries, adalah salah satu masalah kesehatan paling umum di dunia, terutama pada anak-anak dengan penyebab karies gigi yang beragam. Kerusakan gigi adalah suatu kondisi di mana enamel (permukaan keras gigi) rusak. Jika tidak segera ditangani, kerusakan gigi dapat menyebabkan gigi berlubang, infeksi, bahkan kehilangan gigi.

Jangan sampai mengalami karies gigi baru dicegah karena tentu akan lebih sulit apalagi terkadang karies gigi tidak menimbulkan gejala hingga kemudian bertambah parah. Maka dari itu lebih baik melakukan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan gigi. Dalam mencegah kerusakan gigi bisa dengan memahami penyebabnya terlebih dahulu sehingga bisa dihindari.

Jenis Makanan Penyebab Karies Gigi

Makanan tertentu yang dikonsumsi menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi pada anak. Misalnya, makanan yang paling mudah menempel di gigi dan sulit dibersihkan jika tidak disikat dengan baik. Misalnya, es krim, minuman ringan, kue, biskuit, cokelat, dan makanan lain tidak dapat dengan mudah “dicuci” dari gigi dengan air liur.

Penyebab karies gigi paling umum yang meningkatkan potensi kerusakan gigi pada anak adalah konsumsi gula. Plak gigi adalah lapisan pada gigi akibat konsumsi gula, yang kemudian tidak dibersihkan dengan baik. Akibatnya, bakteri mulai “memakan” sisa gula yang masih menempel di gigi dan kemudian diubah menjadi asam oleh bakteri.

Penurunan keasaman pada permukaan gigi memudahkan pembentukan karies gigi. Asam juga dapat menghilangkan mineral dari email anak Anda. Erosi ini dapat menyebabkan lubang pada email. Inilah mengapa sangat penting untuk menghindari makanan-makanan tersebut dan jika ingin mengonsumsinya, penting untuk memastikan anak untuk menyikat gigi hingga bersih tanpa ada sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

Sikat Gigi Untuk Mencegah Karies Gigi

Gula sebenarnya bisa menyebabkan kerusakan gigi seperti yang disebutkan di atas. Tetapi bahkan kebiasaan menyikat gigi yang buruk dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak. Hal ini karena jika anak tidak menyikat gigi dengan baik, sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi akan menempel pada gigi dan membentuk plak. Pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai dengan usia si kecil dan ajarkan anak untuk menyikat gigi sejak dini untuk mencegah pembetukan karies gigi.

Kerusakan gigi memang sering terjadi pada anak-anak namun orang dewasa juga bisa mengalaminya. Untuk cara mencegahnya sebenarnya tidak sulit bisa sesuai dengan penyebab karies. Biasakan anak untuk tidak makan makanan dan minuman yang tinggi gula dan biasakan menggosok gigi dengan benar setiap harinya minimal 2x sehari pagi dan malam sebelum tidur. Kunjungi Growhappy.co.id untuk mendapatkan informasi menjaga gigi tetap sehat, dll.

admin